Cara Alami Sembuhkan Sakit Gigi

  Kamis, 07 Februari 2019   Dede Nurhasanudin
Ilustrasi sakit gigi. (Dental Guide Australia)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM -- Anda sedang menderita sakit gigi? Jangan terburu-buru pergi ke dokter. Ternyata ada banyak obat alami yang bisa Anda gunakan untuk meringankan nyeri akibat sakit gigi.

Untuk tahu lebih lengkapnya, berikut informasinya yang telah dirangkum oleh ayopurwakarta.com dari onlymyhealth.com.

1. Kumur dengan garam dan air hangat

Salah satu obat alami yang efektif untuk menghilangkan sakit gigi adalah dengan berkumur menggunakan air hangat. Tambahkan satu sendok makan garam ke dalam segelas air hangat itu sebelum Anda berkumur. Larutan garam diketahui dapat membunuh bakteri dan menghilangkan cairan dari jaringan yang rusak.

2. Kompres dengan es batu

Mengompres gigi dan gusi yang sakit dengan menggunakan es batu, bisa meredakan rasa nyeri yang menyiksa. Anda bisa menyimpan es batu kecil dalam selembar kain dan dengan lembut menyentuhkannya berulang kali ke pipi Anda.

Penurunan suhu di sekitar gigi secara tiba-tiba dapat memberikan bantuan instan dalam mengatasi rasa sakit di gigi.

3. Olesi minyak cengkeh

Cengkeh berfungsi sebagai anti-inflamasi, antioksidan, dan anestesi anti-bakteri yang menjadikannya sebagai obat alami yang sempurna untuk sakit gigi. Minyak cengkeh yang dioleskan langsung ke gigi yang sakit dengan bantuan kapas dapat meringankan sakit gigi.

4. Gunakan pasta garam dan merica

Anda bisa menyiapkan pasta dengan menggunakan campuran garam dan merica. Pasta ini bisa dioleskan langsung ke gigi yang sedang sakit. Pasta ini diketahui dapat meredakan sakit gigi dalam beberapa menit.
Jika cara pengobatan ini cocok untuk Anda, Anda dapat mengulangi prosesnya selama beberapa kali di hari-hari berikutnya.

5. Oleskan bubuk bawang putih

Bawang putih memiliki sifat antibiotik yang bisa sangat efektif digunakan untuk melawan bakteri di mulut. Anda bisa mengoleskan sedikit bubuk bawang putih serta bawang putih segar pada gigi yang sedang sakit.

6. Kunyah bawang merah

Karena memiliki sifat antiseptik dan antimikroba, bawang merah dapat mengendalikan sakit gigi. Mengunyah bawang mentah selama beberapa menit dapat membunuh kuman penyebab infeksi.

Anda juga dapat menempatkan sepotong bawang mentah langsung di gigi atau gusi yang sakit untuk menghilangkan rasa tidak nyaman.

7. Gunakan teh peppermint

Teh peppermint dikenal karena kekuatannya yang ampuh untuk mengobati sakit gigi. Cara membuatnya adalah dengan menyampurkan satu sendok teh daun peppermint kering dalam satu gelas air mendidih. Setelah campuran teh mulai dingin, masukkan uapnya ke mulut Anda.

Kandungan tanin astringen dalam teh dapat membantu menekan rasa sakit. Anda juga bisa meletakkan kantong teh basah dan hangat di gigi yang sakit.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar