Jembatan Tergerus Sungai, Warga Gotong Royong Membuat Bronjong

  Kamis, 03 Januari 2019   Arditya Pramono
Warga Desa Gandasoli, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta bergotong royong membuat bronjong di bawah Jembatan Gandasoli, Kamis (3/1/2019)

AYO BACA : Mensos Dukung Pembersihan Sungai Citarum di TKRN PMI

PLERED, AYOPURWAKARTA.COM--Warga Desa Gandasoli, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta bergotong royong membuat bronjong di bawah Jembatan Gandasoli. Konstruksi bronjong ini dibuat untuk mencegah rubuhnya tiang penyangga Jembatan Gandasoli akibat tergerusnya tanah oleh aliran Sungai Citarum.
 
"Sudah dari hari Senin (31/12/2018) kita kerja bakti membuat bronjong. Soalnya takut kalau tanahnya makin longsor, tiangnya bakal ambruk," ucap tokoh masyarakat Gandasoli, Taryo kepada wartawan, Kamis (3/1/2019). 
 
Taryo menjelaskan, tanah setinggi tiga meter tersebut terkena erosi lantaran kerap diterpa aliran banjir Sungai Citarum sejak dua pekan lalu. Dituturkan Taryo, curah hujan tinggi sudah sering terjadi sejak dua pekan belakangan. Tingginya curah hujan menyebabkan arus sungai menjadi deras yang pada gilirannya membuat tanah tergerus.
 
"Kalau berdasarkan rencana ini bisa selesainya lebih dari sebulan. Insyaallah kalau lancar bisa beres dalam tiga bulan," katanya. 
 
Diketahui Jembatan Gandasoli memiliki panjang sejauh 150 meter dengan tinggi 7 meter. Jembatan ini menghubungkan Desa Gandasoli dan Mekarsari, Kecamatan Plered dengan Kecamatan Maniis. 
 
Salah seorang warga lainnya, Rudi (27) berharap pembuatan bronjong dapat selesai dengan cepat. Ia khawatir kalau tiang penyangga jembatan rubuh. "Pasti khawatir ya. Sebab jembatan ini sangat penting bagi kami sebagai akses jalan," kata dia.

AYO BACA : WPLH RI Pantau Langsung Kondisi Sungai Citarum

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar