Kaleidoskop Kejadian Penting dan Menggemparkan di Purwakarta Tahun 2018

  Senin, 17 Desember 2018   Arditya Pramono
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dan Wakil Bupati Purwakarta H. Aming saat baru dilantik. (Arditya Pramono/Ayopurwakarta.com)

PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA.COM--Sejumlah hal penting, unik dan menggemparkan terjadi di Purwakarta pada tahun 2018. Dari mulai kasus keracunan masal, dilantiknya bupati wanita pertama hingga bencana longsor yang mengakibatkan empat orang meninggal dunia.

Nah, kaleidoskop sejumlah kejadian tersebut telah dirangkum oleh ayopurwakarta.com. Berikut daftarnya:

1.Dua warga tewas dan puluhan lainya dirawat akibat konsumsi tape hitam

Puluhan warga Kecamatan Bojong dan Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, terpaksa dilarikan ke puskesmas terdekat dan Rumah Sakit Bayu Asih Purwakarta pada Senin (1/1/2018).

Diketahui, warga yang mengalami keracunan massal itu sebelumnya mengonsumsi tape ketan hitam dari pedagang yang biasa berjualan keliling di wilayah tersebut dengan harga Rp35 ribu per kilogram bernama Omat (48).

Namun, setelah memakannya, mereka merasakan pusing, mual, dan terus-terusan buang air besar (BAB), sehingga terpaksa dilarikan ke puskesmas.

Dua orang korban keracunan meninggal dunia yaitu Roni Sutisna (60), warga Dusun Bunisari Desa Bojongbarat Kecamatan Bojong. Selain itu Eti (60) warga Kampung Rancasari, Desa Sukamanah, Kecamatan Bojong juga meninggal dunia. Sementara itu puluhan warga terpaksa dirawat dirumah sakit.

Akibat kejadian itu, beberapa hari kemudian Omat ditangkap Kepolisian Polres Purwakarta. Tersangka dijerat pasal dalam UU Pangan Nomor 18 Tahun 2012, tentang pangan dengan ancaman kurungan penjara selama lima tahun.

2. Minum obat batuk cair biar mabuk, seorang pemuda tewas

Satu orang pemuda tewas dan dua lainya kritis setelah meminum obat batuk cair di kebun karet Desa Cipancur, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta pada Selasa (9/1/2017).

Korban meninggal dunia bernama Abdul Rohman (24) warga Cipinang, Kecamatan Cibatu Purwakarta. Sementara dua korban kritis yaitu Fahri (15) dan Unus (24) berhasil diselamatkan dan dirawat di Rumah Sakit Bhakti Husada, Purwakarta.

Korban tewas diduga telah meminum 15 saset obat batuk cair. Sementara itu korban selamat atas nama Fahri dan Unus mengaku  meminum sekitar 10 bungkus obat batuk.

Kuat dugaan ketiganya meminum obat batuk untuk merasakan efek mabuk.

3. Warga Purwakarta menangi sebuah mobil mewah dan uang tunai satu juta dollar Singapura

Warga Purwakarta Jawa Barat, Oddie Rehata (45) Zhang Xuchao (26) asal Beijing, China, memenangi lomba berhadiah mobil mewah dan uang tunai satu juta dolar Singapura yang diselenggarakan di Bandara Changi, Singapura, Minggu (21/1/2018).

 Oddie dan Zhang menyisihkan 12 finalis lain dari Asia Tenggara dalam lomba promosi "Be a Changi Millionaire", yang dapat mengikuti lomba setelah berbelanja di bandara tersebut.

Menurut siaran pers pengelola bandara, Oddie berbelanja di Changi bersama temannya saat sedang ke Singapura untuk perjalanan bisnis. Ia dipasangkan dengan Zhang dalam lomba yang antara lain meliputi tebak harga dan asah ingatan tersebut.

Pada babak terakhir, dua tim yang bertahan beradu keberuntungan memilih kunci mobil untuk mendapatkan hadiah mobil dan uang tunai. Oddie dan Zhang berhasil memilih kunci yang tepat untuk sedan Volvo S90 T5 dan uang tunai 1 juta dolar Singapura.

4. Pelaku hoaks PKI ditangkap polisi

Polisi menangkap pelaku penyebaran berita bohong (hoaks) bernuansa ujaran kebencian. Pelaku yang berinisial RRM (22) ditangkap karena secara sengaja menyebarluaskan isu tentang tertangkapnya anggota PKI oleh anggota Polsek Jatiluhur.

Pihak Kepolisian mengatakan, pelaku merupakan warga Kampung Suka Hurip RT 08 RW 05 Desa Jatiluhur Kecamatan Jatiluhur Purwakarta.

Tersangka di tangkap pada sabtu (24/2/2018) pukul 23.00 WIB, terkait postingan pelaku pada akun Facebook miliknya yang bermuatan diskriminasi ras dan etnis dan atau ujaran kebencian dan permusuhan terhadap individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas SARA.

Selain itu polisi juga telah menyita sejumlah barang bukti dari RRM, antara lain satu unit telepon genggam, dan akun Facebook miliknya dengan namaLahem RRM.

Tersangka memosting dua file foto di akun media social facebook dengan nama akun Lahem RRM yang berisi kalimat "Aya PKI benang hiji, kede bray warga Jatiluhur jg sakitar na bisi aya komplotan deui kudu hati2 jagaan ulama2 nu aya d lemburna masing2."

Menurut kepolisian, tersangka dapat ditahan dan dijerat dengan Pasal 16 juncto Pasal 4 huruf b angka 1 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan/atau Pasal 45A ayat (2) juncto Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancaman hukuman di atas lima tahun.

5.  Warga Citalang tangkap ular kobra 2,5 meter

Warga Citalang mengangkap seekor ular kobra sepanjang kurang lebih 2,5 meter yang tiba-tiba muncul dan mengagetkan warga Kampung Mekarsari, Desa Citalang, Kabupaten Purwakarta pada Kamis (1/3/2018).

Beruntung, seorang warga desa bernama Tatang (42) berani mengambil keputusan untuk menangkap dan melumpuhkan ular beracun tersebut.

“Alhamdulillah bisa ditangkap," ungkapnya.

Menurut pengakuan Tatang, kemunculan ular kobra pertama kali diketahui oleh anak-anak yang sedang bermain. "Mereka tiba tiba panik dan berlari sambil teriak, aya oray, aya oray (ada ular)," ujar Tatang.

Tatang dan tiga tetangganya ketika mendengar teriakan tersebut, langsung bergegas mendatangi lokasi dimana anak-anak bermain.

Tanpa ragu, Tatang menenteng kayu bakar lalu menghantam kepala ular. Sayangnya pada pukulan pertama kondisi ular masih sangat kuat. Ular tersebut masih terus berjalan dan malah masuk ke tumpukan kayu bakar.

Untungnya, ekor kobra tertinggal di luar tumpukan kayu. Melihat hal tersebut, Tatang pun menariknya. "Saya hantem deui make kayu kepalanya hingga lumpuh. Ular itu buru buru dimasukan ke karung plastik. Saya tak tega membunuhnya. Saya akan jual saja ular ini," ungkapnya.

6. Dua orang atlet Taekwondo Purwakarta raih medali di Jepang

Dua orang atlet Taekwondo dari Purwakarta, Ameira Kaamilah Sobandi (11) dan Fikri Irham Firdaus (18), akan mengikuti kejuaraan Wata Open Intercontinental Taekwondo Championship & International Clubs Open Taekwondo Championship 2018 di Osaka, Jepang, 20-23 April 2018.

Ameira Kaamilah Sobandi meraih mendali emas dalam kategori Kyo Infant di kelas 34 Kg setelah berhasil mengalahkan Cina dan Jepang. Sedangkan Fikri Irham Firdaus meraih mendali perak di Kategori Kyo Senior di kelas 68 Kg melawan tuan rumah Jepang.

7.Anak SD lakukan tawuran

Sebanyak 15 orang pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Purwakarta diamankan Kepolisian Sektor Kota (Polsekta) Purwakarta ketika hendak tawuran di Kampung Baranangsiang, Kelurahan Sindangkasih, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta, Jumat (20/4/2018).

Menurut pihak kepolisian, 15 orang pelajar SD tersebut hendak menyerang pelajar SDN 6 Sindangkasih.

"Mereka hendak menyerang pelajar dari SDN 6 Sindangkasih dengan 4 parang, 1 gearmotor tali gesper, 5 celurit rakitan, 2 golok, 2 sabuk gesper dan 2 besi tumpul," katanya.

8. Kakek berusia 120 tahun

Memiliki umur panjang adalah sebuah keberuntungan bagi seorang manusia. Berbagai sumber referensi kesehatan kerap memberikan kita sejumlah anjuran mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk memiliki umur panjang.

Namun, tak ada resep khusus yang jelimet bagi Aki Sobandi untuk bisa mencapai usia 120 tahun lebihnya. Pria yang diklaim sebagai penduduk tertua se-Kabupaten Purwakarta ini hanya gemar meminum air mentah.

“Aki mah enggak minum kopi, minumnya air putih mentah,” ujar Aki Sobandi kepada ayopurwakarta dengan suara terbata-batanya, Sabtu (30/6/2018).

Tampak jelas tanda-tanda penuaan pada Aki Sobandi. Seluruh wajahnya berkerut dengan kulit tubuh yang tipis berbintik-bintik hitam.

Meski berusia lebih dari 120 tahun, warga Kampung Tajur, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sukatani ini masih mampu berjalan, meski tak seimbang. Pendengarannya juga terbilang masih mumpuni, meski dibutuhkan jarak dekat untuk berbicara dengannya. Penglihatannya juga terbilang masih baik.

9. Seorang ibu lahiran di Jalan Tol

Seorang ibu bernama Fitri Wulandari melahirkan di rest area KM 88 ruas tol Purbaleunyi, arah Bandung pada Senin (11/6/2018). Wulandari merupakan warga Ciamis yang sedang melakukan perjalanan mudik ke Pangandaran, Jawa Barat.

Saat beristirahat di rest area pukul 03.30 WIB, Fitri telah melahirkan seorang bayi perempuan di sebuah mobil Kijang dengan Nopol B 1978 GM.

Beruntungnya, seorang petugas Kepolisian dari Polres Purwakarta, Iptu Kuswari yang kebetulan tengah siaga di rest area KM 88 Ruas Purbaleunyi segera membantu ibu yang baru saja melahirkan tersebut.

10. Peringati hari anak, puluhan bocah memerah susu kambing

Puluhan anak mengikuti lomba perah susu kambing di rumah produksi susu kambing etawa di Gang Gelatik, Cipaisan, Kabupaten Purwakarta, Senin (23/7/2018).

Lomba tersebut diadakan dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 2018. Tingkah polos anak-anak saat memerah susu mengundang gelak tawa orangtua mereka dan warga sekitar yang sengaja datang menyaksikan.

Meski terlihat mudah, ternyata memerah susu kambing bukan perkara mudah bagi anak-anak.

11. Obor Asian Games 2018 diarak di Purwakarta

Obor Asian Games 2018 diarak keliling pusat kota Purwakarta pada Jumat (10/8/2018). Obor Asian Games 2018 pertama kali tiba di Gerbang Gapura Indung Rahayu Ciganea Jatiluhur pada pukul 10.00 WIB.

Obor tersebut diserah terimakan ke Pj Bupati Purwakarta, M Taufiq Budi Santoso lalu diberikan kepada Torch Bearer dalam hal ini, Kapolres Purwakarta AKBP Twedi Aditya Bennyahdi untuk selanjutnya dibawa lari melawati beberapa jalan protokol seperti Jalan Basuki Rahmat dan Jalan RE Martadinata masuk kompleks Kantor Pemkab Purwakarta.

AYO BACA : Kaleidoskop Kecelakaan Lalulintas di Purwakarta Tahun 2018

Berhubung dengan pelaksanaan ibadah Salat Jumat, obor disimpan sementara di Pemda. Setelah itu, pada pukul 13.49 WIB, obor akan kembali di bawa lari melintasi Jalan Dr.Kusumaatmaja, Jend. Ahmad Yani, Ibrahim Singadilaga, Baru Taman Pembaharuan, Veteran, Jend. Sudirman, KK Singawinata, Siliwangi dan berakhir di Taman Air Mancur Sri Baduga pukul 20.53 WIB. Pada keesokan harinya, Sabtu (11/8/2018), Obor Asian Games 2018 dibawa selanjutnya ke Bandung.

12. Purwakarta menjadi lintasan balap sepeda Asian Games 2018

Sebanyak 13 jalan ditutup meliputi persimpangan Cipinang, SMKN Cibatu, Ciparung, Karya Mekar, Pertamina dan Lapangan Cibatu, Cilandak, Cisantri, Cikumpay, Pasar Minggu dan Benteng, Cimplong, Cimaung, GT Sadang, Pangkalan Ojeg Peti Kemas dan Persimpangan Cibodas pada Rabu (22/8/2018).

Sementara itu, untuk Kamis 23 Agustus 2018 menurut pihak Satlantas Polres Purwakarta, jumlah jalan yang ditutup bertambah menjadi 20 jalan.

"Selain jalan yang sebelumnya ditutup, titik jalan yang akan dilakukan penutupan jalan tambahannya adalah persimpangan, Sukwang, Minang Modern dan Cinangka. Dan pengalihan arus pada titik yang sama dengan sebelumnya," ungkap Kasat Lantas pada saat itu, AKP Rizky Adi Saputro.

Diketahui 32 km jalur lintasan Balap Sepeda Asian Games 2018 melewati wilayah Kabupaten Purwakarta. Untuk hari ini Cabang Olahraga Balap Sepeda Road Race wanita yang diperlombakan

13. Masyarakat Purwakarta sambut kedatangan pemain U-16

Masyarakat Kabupaten Purwakarta menyambut kedatangan lima pemain U-16 yaitu Hamsa Madari Lestahulu, Muhammad Fajar Faturrahman, Yadi Mulyadi, Ahludz Dzikri dan Muhammad Talaohu di halaman Kantor Dinas Pendidikan, Kabupaten Purwakarta, Rabu (15/8/2018).

Diketahui Tim Nasional (Timnas) U-16 Indonesia baru saja memenangkan Turnamen AFF U-16 mengalahkan Thailand dengan skor 4-3 dalam drama adu penalti di Stadion Delta, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur pada Sabtu (11/8/2018).

14. Pelajar SD dan SMP di Purwakarta dominasi peringkat juara kuis Kihajar

Pelajar sekolah dasar dan menengah pertama di Kabupaten Purwakarta mendominasi peringkat juara dalam kegiatan kuis Kihajar (Kita Harus Belajar) yang digelar di Subang pada 21-22 Agustus 2018.

Kuis Kihajar adalah kuis dengan soal pengetahuan umum memanfaatkan kecanggihan Teknologi Informatika dan Komputer (TIK). Kuis tersebut diikuti oleh 52 peserta dari Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang dan Kabupaten Karawang.

15. Ribuan relawan PMI kumpul di Jatiluhur

Temu Karya Relawan Nasional Palang Merah Indonesia (TKRN PMI) 2018 berlangsung di Kawasan Wisata Danau Jatiluhur selama lima hari sejak tanggal 17-22 September 2018.

Menurut Ketua Pelaksana, Muhammad Muas TKRN PMI diikuti oleh 34 Provinsi  perwakilan relawan se- Indonesia.

"Dari seluruh Indonesia akan berkumpul di Jatiluhur tepatnya sebanyak 5000 relawan yang ikut TKRN PMI tahun 2018 ini," jelasnya.

Dijelaskan, Jatiluhur dipilih lantaran danau terbesar di Asia Tenggara itu cocok untuk tema pelatihan relawan PMI dalam TKRN tahun ini yang bertujuan melatih penanggulangan traumatis dan evakuasi di air.

16. Purwakarta resmi dipimpin bupati wanita pertama

Anne Ratna Mustika dan Aming resmi menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta periode 2018-2023 setelah dilantik bersama lima kepala dan wakil kepala daerah lain di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Kamis (20/9/2018).

Pelantikan Anne merupakan momen istimewa karena dirinya merupakan wanita pertama yang memimpin Kabupaten Purwakarta. Istri mantan Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi itu juga diketahui sedang hamil muda ketika dilantik.

17. Pasutri Purwakarta banyak yang bercerai

Pasangan nikah yang bercerai di Kabupaten Purwakarta lumayan tinggi. Berdasarkan data dari Pengadilan Agama Kabupaten Purwakarta, sejak Januari hingga Agustus 2018, Pengadilan Agama telah menerima laporan perkara sebanyak 1.227 laporan dengan hasil memutus 909 perkara cerai.

Penyebab perceraian ditengarai oleh faktor ekonomi, perselisihan yang terus-menerus serta hadirnya orang ke tiga.

"Dari seluruh laporan itu, jenis perceraian didominasi oleh cerai gugat yang artinya perceraian pertama kali diajukan oleh pihak istri dengan rincian 713 cerai gugat dan 196 cerai talak," ungkap Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Purwakarta, M Kesih pada Kamis (27/9/2018).

Menurutnya, jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat pada tahun ini. Setiap hari kerja, pihaknya menggelar 30 sampai 40 kali persidangan.

18. Pengidap HIV-AIDS per September 2018 capai 452 orang

Direktur Yayasan Resik, Hasanuddin, mengatakan jumlah kumulatif kasus HIV-AIDS di Kabupaten Purwakarta sampai dengan bulan September 2018 mencapai 452 orang.

"Akhir 2017 lalu mencapai 350 orang. Namun, hingga September 2018 telah diketemukan kasus baru sebanyak 102 orang, jadi jumlah kumulatif kasus HIV-AIDS sampai dengan September sebanyak 452 orang," jelas Hasanuddin melalui pesan singkat pada Kamis (11/10/2018).

Ironisnya, menurut Hasanuddin pengidap HIV-AIDS mayoritas berusia produktif diantara 26 sampai 48 tahun.

“Kasus HIV-AIDS mayoritas berusia produktif. Namun ada juga kasus HIV yang diidap anak berusia 0 sampai 4 tahun," tuturnya.

Sementara itu menurut Hasanuddin, penyebaran HIV-AIDS di Kabupaten Purwakarta telah meluas ke 14 wilayah kecamatan.

"Hampir seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten telah ditemukan kasus HIV-AIDS," katanya.

19. Korban penembakan Tol Pasteur warga Purwakarta akhirnya meninggal dunia

Korban penembakan di Tol Pasteur pada awal September silam, Hani Nuralfiyah (21), akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Senin (22/10/2018) malam.

Keluarga Hani menggelar prosesi pemakaman gadis tersebut sekitar pukul 09.00 WIB di taman pemakaman umum setempat pada Selasa (23/10/2018).

Diketahui sebelumnya, warga Kampung Kaum RT 01 RW 01, Desa/Kecamatan Campaka Kabupaten Purwakarta itu sempat dirawat di beberapa rumah sakit akibat luka tembak di bagian leher.

Kurang lebih selama 1,5 bulan, almarhumah sempat dirawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Kendati sudah mendapatkan tindakan medis operasi, kondisi Hani tak sepenuhnya sembuh.

Keluarga Hani lantas memilih merawatnya di kediamannya di Purwakarta.

Menurut pengakuan tetangga Hani, Setiawan (45), setelah kepulangannya dari rumah sakit, kondisi gadis 21 tahun itu memang berangsur membaik. Namun, Hani terlihat masih belum bisa menggerakan anggota tubuhnya. Dia hanya bisa terbaring lemas di atas kasur.

"Kalau berbicara sih sudah bisa. Tapi, kayanya belum bisa berjalan normal," ujarnya di lokasi pemakaman Hani di Desa Campaka, Selasa (23/10/2018).

Sementara itu, Asep Hermawan (48), ayah korban mengaku keluarga sangat terpukul dengan apa yang dialami putrinya.

"Saya tidak menyangka saja pak," ujar Asep yang terlihat tak kuat menahan air mata atas meninggalnya Hani.

Asep berharap, pelaku penembakan terhadap anaknya bisa segera diproses secara hukum. Keluarga juga meminta pertanggung jawaban terkait kejadian tersebut.

20.Pemuda Tunawicara pembuat robot

Menjadi seorang tunawicara sejak kecil tidak menghalangi Ahmad Sobandi (28) untuk berkarya. Pria yang sehari-harinya tinggal bersama orangtuanya di Cilegong Utara, Desa Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta justru mampu membuat robot yang menyerupai laba-laba dan juga serangga.

Robot tersebut dapat berjalan dengan menggerakan kaki mereka. Selain berjalan, robot tersebut juga memiliki lampu yang dapat menyala.

Uniknya, berdasarkan penuturan Ibunda Ahmad, Ibu Ecin (53), anak pertamanya tersebut tidak pernah diajari atau sekolah khusus pembuatan robot. Bahkan Ahmad hanya lulusan SLB tingkat SMP.

21. Apilkasi Sampurasun Pariwisata Purwakarta juara tiga aplikasi terfavorit se-Indonesia

Aplikasi kepariwisataan milik Pemkab Purwakarta, Sampurasun Pariwisata Purwakarta, menjadi aplikasi terfavorit ketiga se-Indonesia pada ajang Anugrah Pesona Indonesia (API)  di Hotel Sahid Jakarta pada Kamis (22/11/2018). 

Aplikasi berisi informasi pariwisata Purwakarta itu masuk dalam kategori Promosi Pariwisata Digital Terpopuler.  Dalam kategori tersebut juara satu dimenangkan oleh Provinsi Jambi dan juara dua oleh Provinsi Sumatera Selatan. 

22. Tanah Longsor di Pondoksalam tewaskan empat orang warga

Bencana longsor terjadi di Kampung Krajan, Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondoksalam Kabupaten Purwakarta pada Selasa sore (27/11/2018).

Longsor tersebut diduga kuat terjadi akibat hujan deras disertai angin kecang. Akibatnya, tanah di tebing setinggi lima meter amblas dan menghancurkan serta menimbun tiga rumah warga.

Dalam kejadian tersebut, empat orang warga atas nama Bakri (90), Acem (87), Iwan (30) dan Intan (8) meninggal dunia sementra lima orang korban lainya mengalami luka berat.

23. KPK geledah kantor Jatiluhur 

KPK menggeledah kantor PJT II Jatiluhur  selama 13 jam pada Selasa (4/11/2018). Kemudian pada Jumat (7/11/2018), Direktur Utama Perum Jasa Tirta II (Dirut PJT II) Djoko Saputro ditetapkan tersangka KPK  terkait kasus korupsi pengadaan pekerjaan jasa konsultasi. Pengadaan itu disebut KPK merugikan keuangan negara sebesar Rp3,6 miliar.

"KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan dengan menetapkan 2 orang sebagai tersangka," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (7/12/2018).

Dua orang tersangka tersebut adalah Djoko dan seorang lagi bernama Andririni Yaktiningsasi yang disebut sebagai swasta.

AYO BACA : Kaleidoskop Percaturan Politik di Purwakarta Tahun 2018

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar