Bungai Bangkai Tumbuh di Gang Melur Flamboyan

  Kamis, 20 September 2018   Arditya Pramono
Dadan ketika melihat Bunga Bangkai. (Arditya Pramono/ayobandung)

PURWAKARTA,AYOPURWAKARTA.COM-- Sejumlah tangkai bunga bangkai berukuran cukup besar tumbuh di sekitar area kebun milik Darman warga Gang Melur, RT 40/04, Kelurahan Nagri Kaler, Kecamatan/Kabupaten Purwakarta. 

Tumbuhnya bunga langka dengan nama latin rafflesia arnoldi tersebut menarik perhatian warga sekitar yang penasaran untuk melihat secara langsung bentuk dan jenis bunga itu.

Sementara itu, Ketua RT 40/04, Dadan Subhan menuturkan, Ia sebelumnya mendapat laporan warga terkait bau bangkai yang tercium di sekitar area kebun Darman yang tak jauh dari rumahnya pada Rabu (19/9/2018) sore. 

Setelah ada laporan tersebut, ia bersama warga yang penasaran lalu bergegas ke sumber bau itu.

"Bau bangkainya, cukup menyengat. Waktu didekati sumbernya, ternyata memang ada sebuah tanaman yang tengah dikerumuni lalat," ujar Dadan pada Kamis (20/9/2018) 

Menurut Dadan setelah diukur,  bunga bangkai itu berdiameter kurang lebih 60 cm dengan tinggi sekitar 50 cm. 

Ternyata, bunga bangkai yang ditemukan di lokasi itu tak hanya satu. Pagi tadi, saat dirinya kembali ke lokasi tersebut, ada satu tangkai lagi yang ditemukan. Namun, posisinya masih kuncup alias belum mekar. 

Dadan sendiri selaku ketua RT setempat cukup kaget dengan tumbuhnya bunga bangkai di wilayah Gang Melur Jalan Flamboyan yang masuk wilayah pusat kota Purwakarta. 

"Ya heran saja, masa di pusat kota seperti ini tumbuh bunga bangkai," kata dia. 

Adanya fenomena langka tersebut, lantas mengundang perhatian warga sekitar. Mereka, berbondong-bondong datang untuk sekedar berfoto dengan bunga bangkai tersebut.

Samsu (42) salah seorang warga yang rumahnya berdekatan langsung dengan lokasi ditemukannya bunga bangkai tersebut, menuturkan, tahun lalu bunga tersebut juga pernah tumbuh di area kebun milik Darman tersebut. 

"Tahun-tahun sebelumnya juga pernah muncul. Biasanya, usai muncul umbi dan bunganya kemudian menghilang. Paling bertahan satu sampai dua pekan, setelah bunga mekar seperti ini‎, jelasnya.  

Samsu sendiri mengaku heran dengan kejadian ini. Pasalnya,  sudah beberapa kali bunga bangkai tumbuh di kebun tersebut dan di lokasi yang sama. 

"Kalau dipikir-pikir aneh juga ya. Bunga bangkai ini hanya tumbuh di kebun itu. Di tempat tetangga yang lain enggak. Di daerah yang lain enggak," jelasnya. 

Samsu menjelaskan, kemunculan bunga bangkai kemungkinan juga fenomena alam. Soalnya bunga tersebut  biasanya muncul di bulan September atau saat memasuki pergantian musim. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar